Jasa Desain, Bangun & Renovasi Rumah Serta Bangunan Gedung

Selasa, 20 September 2016

Batu sikat atau lebih dikenal dengan sebutan batu ampyang memang sangat ideal sebagai penghias lantai. Kelebihan batu sikat atau batu ampyang adalah tidak licin, pola dapat disesuaikan sesuai selera, perawatan cukup mudah, bahan terbuat asli dari alam (tidak ada unsur kimia, pewarna sehingga warna batu dapat bertahan selamanya asalkan batu tersebut tidak dibongkar) dan memberikan kesan alami yang akan membawa lingkungan sekitar menjadi indah.


Meminimkan lahan taman dan diganti dengan batu sikat, halaman sengaja ditutup dengan batu sikat agar perawatan lebih mudah, halaman lebih luas, lebih bersih dan lebih rapi. Pada sebagian orang yang sibuk berkarier biasanya lebih memilih alternatif tersebut, karena batu sikat tidak membutuhkan perawatan extra seperti halnya tanaman hias (taman) yang setiap hari harus menyiangi tanaman tersebut. Apabila terdapat kotoran-kotoran pada batu sikat seperti debu, pasir, tanah, bekas ban maka batu sikat cukup disiram/disemprot dengan air dan bila kotoran tersebut sudah megendap bisa dihilangkan dengan cara menyikat endapan tersebut dengan air detergent. Selain praktis batu sikat juga tidak licin motifnya pun juga bisa diatur sedemikian rupa. Apalagi sekarang ini beragam batu tempel/hias sudah tersedia di pasar.


Ada dua cara cara pemasangan koral sikat, cara yang pertama adalah dengan disebar. Setelah adukan diratakan diatas bidang pasang, koral sikat kemudian di sebarkan diatas adukan, setelah koral sikat tersebar rata, ratakan sedemikian rupa dengan sendok aduk hingga seluruh permukaan tertanam dalam adukan. Setelah adukannya setengah kering (jangan tunggu kering), sikat permukaan koral sikat yang masih tertanam adukan itu memakai sikat kawat tembaga yang tidak terlalu kasar sampai koral sikatnya tampak. Sikat kembali dengan menggunakan sikat injuk untuk semakin membersihkan adukan dari permukaan koral sikat. 

Pada proses penyikatan ini dapat lebih di optimalkan dengan menaburkan semen dan pasir kering di atas permukaan koral sikat dengan tujuan agar adukan basah dapat tergerus dan menempel pada semen dan pasir yang kering tadi. Semen dan pasir sisa dapat dijadikan adukan untuk bidang yang lain. Gunakan juga spon/busa basah untuk finishing-nya, usapkan pada seluruh permukaan koral sikat untuk hasil lebih baik.

Cara kedua adalah meng-kolek yaitu mencampurkan langsung atara koral sikat dengan adukan atau acian semen. Cara ini sangat boros koral sikat dan biasanya hanya di pergunakan untuk bidang tegak saja.


Cara Pasang batu sikat  
Batu sikat atau koral sikat saat ini menjadi primadona untuk di aplikasikan di berbagai area seperti rumah, villa, hotel, pura, garasi dan berbagai tempat lainnya. Batu sikat memang dinilai cendrung lebih pas di pasang pada lantai, selain banyak motif yang bisa di aplikasikan batu sikat juga dapat dikombinasikan dengan batu andesit atau jenis koral sikat yang lain, seperti koral sikat salak
Untuk cara pemasangan batu koral sikat pada lantai ada beberapa cara atau tips yang mesti anda perhatikan. Berikut kami berikan cara pemasangan batu alam koral sikat yang benar pada lantai.

Cara Pemasangan Batu Sikat

Persiapan Media & Desain
Siapkan media yang akan ditaburi atau dipasang batu sikat. Media ini berupa lantai rumah sebaiknya yang sudah dilapisi beton atau semen. Usahakan permukaan media yang akan dipasang koral sikat bertekstur kasar agar pasangan koral sikat benar benar melekat pada lantai. Tidak mudak coplok. Siapkan pula desain koral sikat pada lantai garasi yang anda gunakan, agar dalam pemasangan koral sikat ini anda tidak meraba raba dalam desainnya. Untuk hasil yang maksimal tentunya. 

Persiapkan Cetakan Atau Pembatas
Siapkan cetakan atau pembatas, gunanya adalah agar motif koral sikat sesuai dengan permukaan lantai. Cetakan atau pembatas diolesi oli terlebih dahulu sebelumnya agar tidak lengket ketika digunakan. Serta agar mudah melepaskan cetakan ketika sudah kering 

Persiapkan Adukan Semen
Takaran adukan semen untuk pemasangan koral sikat adalah 1 banding 1 agar koral sikat benar benar nelekat pada lantai 

Masukkan Adukan
Masukkan adukan semen kedalam cetakan sampai rata dan padat, usahakan tidak ada rongga dalam adukan semen yang akan ditaburi koral sikat untuk hasil maksimal
Penataan Koral
Taburi koral sikta diatas adukan semen yang sudah dipadatkan, kemudian tata koralsikat tersebut berdasarkan desain motif yang diinginkan dan tentu desain sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika taburan koral sikat sudah merata diatas adukan semen, tekanlah lah permukaan koral dengan merata dan bersamaan dengan menggunakan triplek, papan kayu atau plat adukan besi 

Tunggu Sampai Kering
Setelah koral sikat disusun sedemikian sampai merata dan setengah kering, kemudian sikat permukaan koral tersebut menggunakan sikat kawat, usahakan gunakan sikat kawat dari kuning agar lebih halus dan tidak merusak tekstur yang sudah rapi.

Finishing
Setelah semuapermukaan koral sikat setengah kering tersebut selesai disikiat semua maka selanjutny adalah pembersihan permukaan kolar sikat menggunakan kain setengah basah agar sisa asukan halus yang masih menempel pada koral dapat lepas dan koral lebih tampak jelas terlihat 

Coating
Untuk hasil yang lebih maksimal anda boleh melapisi permukaan koral sikat dengan bahan pelapis untuk menghindari lumut dan agar koral selalu tampak basah dan segar.
Namun saran kami, jika pemasangan koral sikat tersebut berada diluar ruangan maka sebaiknya jangan menggunakan coating. Karena menurut pengalaman tidak ada bahan apapun yang bisa bertahan jika tersorot sinar matahari secara terus menerus, begitupun coating, maka lambat laun akan mengelupas dan mengakibatkan batu pasangan koral sikat tadi mejadi kusam, neskipun dalam jangka waktu yang agak lama. 

Jenis Jenis Koral Sikat  
Jenis Batu Koral Sikat - Jenis batu koral sikat beraneka ragam warna dan bentuk yang bisa anda dapatkan di tempat jual batu alam. Untuk anda yang berniat aplikasi batu koral sikat dirumah hendaknya disesuaikan dengan jenis batu kombinasi, luas serta letak bidang yang akan di pasang koral sikat. Anda bisa menyesuaikan bentuk serta warna koral sikat agar menghasilkan perpaduan batu alam yang dinamis alami dan fresh. Berikut beberapa jenis koral sikat berdasarkan perbedaan jenis bentuk dan warna.
Batu Sikat Merah
Batu Sikat Pink
Batu Sikat Hijau
Batu Sikat Putih
Batu Sikat Hitam
Batu Sikat Pancawarna
Batu Sikat Bengkulu
Batu Sikat Onik
Batu Sikat Kupang
Batu Sikat Italy
Batu Sikat Merah Balian
Batu Sikat Merah Hati
Batu Sikat Telur Puyuh
Batu Sikat Pancawarna Putih
Semoga informasi jenis batu alam koral sikat ini bermanfaat untuk anda yang mungkin saat ini sedang "hunting" batu alam koral sikat untuk anda aplikasikan.
Reaksi:

0 komentar:

Profil Kami

Metro Properti Balikpapan, Merupakan Penyedia Jasa Renovasi Online Yang Berlokasi di Balikpapan.

Hubungi Kami

METRO PROPERTI BALIKPAPAN
Jasa Konstruksi, Properti & Developer
PRIMA GLOBAL TECHNIC

Buka hari Senin-Jumat :
Jam 08.00 : 17.00
Buka hari Sabtu :
Jam 08.00 : 13.00

Telepon Call 0542-8512815,
WA : 0821 5022 3255
Icon Email metroproperti74@gmail.com
Copyright © | Powered by METRO PROPERTI BALIKPAPAN
HOME | Tentang Kami | PELUANG KERJA | ANDA CARI TUKANG | Hubungi Kami