Selasa, November 15, 2016

Desain Rumah Kaca Minimalis Modern

Salah satu model hunian yang sangat kental dengan nuansa modern adalah rumah kaca minimalis. Dipadukan dengan kayu, batu, atau bambu sekalipun, rumah kaca akan tetap menghadirkan nuansa modern. Rumah kaca identik dengan penggunaan kaca pada sebagian besar elemennya, termasuk dinding dan atap. Namun, ada juga pemilik rumah yang tidak menggunakan elemen kaca secara penuh, karena tetap ingin mempertahankan privasi. Pilihannya berada di tangan anda sebagai pemilik.



 Model Rumah Kaca Minimalis Modern

Jika anda tertarik memiliki rumah kaca, ada beberapa pilihan desain rumah kaca minimalis yang bisa anda coba. Berikut adalah inspirasinya untuk anda:

Rumah Kaca dengan Batu Alam

Rumah 2 lantai bernuansa kontemporer ini memadukan unsur alam dengan unsur buatan tangan manusia secara sempurna. Pemilik menggunakan elemen batu alam sebagai untuk ‘memecah’ dominasi kaca pada bagian pintu, jendela, maupun dinding rumah. Selain untuk menjaga kekuatan struktur bangunan, batu alam membuat rumah ini tampak menyatu dengan alam sekitarnya.


Nuansa modern-kontemporer tampak kentara dengan penggunaan desain geometri yang tegas pada hampir seluruh elemennya, mulai dari model teras bertingkat segi empat, tiang model kotak, jendela kaca lebar model segi empat, pintu kaca rumah minimalis model panel lebar, hingga atap model datar.

Rumah kaca transparan dengan Lambersering

Model rumah kaca minimalis dari Finne Architects ini mencoba memadukan unsur alam serta lingkungan yang asri dengan elemen kaca yang mendominasi hampir semua bagian rumah. Kali ini, perancangnya menggunakan lambersering sebagai campuran dan kayu sebaga penopan bangunan. Rumah ini benar-benar transparan dan nyaris tidak memiliki dinding yang bukan dari kaca, temasuk untuk area privat seperti kamar mandi.


Rumah kaca semi-transparan

Berbeda dengan 2 model sebelumnya, kali ini pemilik rumah memilih menyisakan sebagian area rumah yang tidak dikelilingi dinding transparan. Dinding kaca dengan panel besar digunakan untuk area publik, yakni ruang tamu dan ruang keluarga yang tampak transparan dari luar. Sementara itu, area privat, seperti kamar mandi dan kamar tidur menggunakan dinding dari bahan kayu atau lambersering.


Tips Membangun Rumah Kaca Minimalis

Pada dasarnya, tidak ada salahnya memilih rumah kaca sebagai hunian anda. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, di antaranya:

Pastikan lingkungan tempat tinggal anda cukup aman; rumah dengan konsep transparan mengekspos hampir semua isi rumah, termasuk aktivitas yang dilakukan di dalamnya di siang hari. Rumah transparan seperti ini tidak dianjurkan untuk daerah yang rawan kejahatan
Gunakan komponen pendukung yang cukup stabil dan kuat untuk menopang bangunan; logam, baja, kayu atau beton dapat digunakan, sesuai dengan ukuran dan berat struktur yang akan ditopangnya
Pastikan anda menggunakan panel kaca dengan ketebalan dan kekuatan yang memenuhi standar keamanan. Temukan referensi brand kaca yang direkomendasikan untuk keperluan ini.



Rumah kaca minimalis sebenarnya cukup nyaman dan hemat energi, karena anda tidak membutuhkan pencahayaan dari energi listrik di siang hari. Namun sekali lagi, timbang kembali untung ruginya, termasuk efeknya terhadap pemanasan global.


Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255