Kamis, April 27, 2017

Jasa Pasang Aluminium Composite Panel (ACP)



Aluminium adalah salah satu unsur kimia yang mempunyai lambang Al dengan nomer atom 13. Secara singkat, salah satu bagian dalam pembuatan gedung ini digunakan sebagai pelapis yang berguna untuk melapisi dinding dan juga bangunan yang ada pada gedung tersebut. Aluminium Composite Panel ini digunakan untuk lapisan indoor ataupun outdoor. Aluminium mempunyai sifat konduktor atau penghantar listrik yang baik, tidak heran, elemen ini sering digunakan pada kabel bertegangan tinggi.

Pengertian dan kegunaan Aluminium composite panel

Aluminium Composite Panel lebih dikenal dengan pelapis gedung karena biasa digunakan untuk pembungkus suatu bangunan. Panel datar ini disatukan dalam dua buah lembar aluminium dan bisa dilapisi dengan cat PVDF maupun Polyester. Aluminium Composite Panel biasanya dibuat dengan ketebalan rata-rata 4 mm dan ukuran standarnya sekitar 1220 mm x 2440 mm.

Aluminium Composite Panel biasa digunakan untuk bangunan bagian eksterior yang dikombinasikan dengan material lain seperti kaca, papan petunjuk billboard dan juga biasa digunakan untuk kanopi. Sedangkan untuk bagian interior rumah, Aluminium Composite Panel biasa digunakan untuk menutup kolom, untuk partisi dan juga untuk bagian plafon yang memiliki nilai artistic. Aluminium Composite Panel sering digunakan untuk penggunaan bangunan tersebut untuk mendapatkan hasil bangunan yang lebih maksimal lagi.

Jenis-jenis dan Merk ACP

Aluminium Composite Panel sendiri terdiri dari 2 jenis menurut lapisan catnya. 
Jenis pertama Aluminium Composite Panel jenis PE (Polister) yang biasa digunakan untuk bagian interior bangunan. Sedangkan merek dari Aluminium Composite Panel yang terkenal diantaranya adalah; Aluminium Composite Panel merek Alpolic, Aluminium Composite Panel merek Alcotex, Aluminium Composite Panel merek Alcopla, Aluminium Composite Panel Alucopan, Aluminium Composite Panel merek Alucobond, Aluminium Composite Panel merek Ecopan dan Aluminium Composite Panel merek Seven.

Jenis Aluminium Composite Panel PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior bangunan. Jenis ini tahan segala cuaca ekstrim sehingga lapisan warna bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis polister.Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, Aluminium Composite Panel sering digunakan di gedung-gedung besar untuk interior maupun eksterior bangunan agar terlihat lebih menawan dan terkesan lebih mewah. Sesuai namanya, wood ACP memiliki tekstur kayu, sedangkan granite ACP jenis ACP dengan lapisan marmer dan gambar strips pada permukaannya sehingga memiliki visual yang indah. Mirror Finish ACP adalah jenis ACP yang pada salah satu sisinya dikombinasi dengan cermin. Jenis ini biasanya digunakan pada interior dapur. Sedangkan, Brush Finish ACP adalah jenis ACP yang pada sisi depannya mengaplikasikan dengan teksture sikat dan pada sisi belakangnya dilapisi cat anti-karat.

Cara memasang Aluminium composite panel


Bahan utama yang dibutuhkan untuk pemasangan ACP adalah bahan aluminium hollow yang digunakan sebagai rangka. Rangka kemudian dipasang pada dinding dengan baut dan dynabolt. Setelah rangka terpasang, lembaran ACP disambung dengan cara grooving , membuat goresan memanjang untuk proses menekuk/membentuk. Kemudian lembaran disekrup ke rangka baja hollow .Jangan lupa atur kerataan lembaran ini dengan menarik benang agar permukaannya tidak bergelombang. Tutupi bagian nat pada permukaan bidang ACP dengan silicone sealant . Tujuannya agar dynabolt tidak terlihat dan menghindarkan air masuk.

Pemeliharaan: Bersihkan ACP paling tidak 1 tahun sekali dengan pembersih khusus alumunium . Jika tak ada, maka bilas menggunakan cairan pencuci piring dan hindari menggunakan deterjen atau pembersih dengan konsentrat tinggi.

Aluminium Composite Panel atau ACP adalah salah satu material penutup dinding yang terbuat dari bahan polyetheylene (PE) untuk Interior dan juga Bahan PVDF (Eksterior) yang mempunyai lapisan aluminium pada kedua sisinya sehingga menjadi suatu kesatuan. Aluminium Composite Panel Banyak digunakan untuk dinding eksterior bangunan sebagai kombinasi dari penggunaaan kaca, panel kanopi, papan petunjuk dan billboard. Untuk Sedangkan untuk Interior bangunan banyak digunakan untuk untuk partisi, penutup kolom dan juga untuk plafon artistik.

Harga Aluminium Composite Panel Perlembar/M2

Banyak orang beranggapan bahwa ditahun 2016 ini semua Bahan-bahan mengalami kenaikan yang pesat, terutama pada bahan bangunan. Aluminium Composite Panel merek Alcopan produksi dari negara Taiwan ukuran 1,22 m x 2,44 m dengan ketebalan skin 0,21 PE tebal 3 mm untuk warna standar dibanderol dengan harga Rp. 404.000 dan yang warna Rp. 489.000. untuk ukuran 1,22 m x 2,44 m dengan ketebalan skin 0,21 PE tebal 4 mm warna standar dibanderol dengan harga Rp. 560.000 dan yang warna dibanderol dengan harga Rp. 656.000. ukuran 1,22 m x 2,44 PVDF tebal 4 mm dibanderol dengan harga Rp. 664.000 untuk warna standar dan Rp. 760.000 untuk yang warna. Harga ini tentu sangat berbeda tergantung juga dari jenis, merk dan juga ketebalan dari ACP yang anda pilih. Untuk harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih ACP dengan jenis Polyester yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 180.000. Harga akan berbeda dengan merk yang berbeda juga.

Aluminium Composite Panel merek Alucobond buatan Negara Jerman ukuran 1,25 x 4,50 dengan ketebalan 0,30 mm tipe ECO/PVDF dibanderol dengan harga USD 47,50, Aluminium Composite Panel ukuran tipe ECO/PVDF 1,25 m x 4,88 m dengan ketebalan 0,30 mm dibanderol dengan harga USD 47,50, ukuran 1,25 x 4,88 dengan ketebalan 0,30 mm dibanderol dengan harga USD 47,50 dan untuk ukuran 1,25 m x 5,00 m ketebalan 0.30 mm dibanderol dengan haraga USD 47,50.

Penyedia / Jual Aluminium Composite Panel


Anda tidak perlu repot dan bingung mencari penjual aluminium composite panel, kini Anda bisa memesannya secara online pada kami. Perusahaan kami menyediakan berbagai merk composite panel lengkap dengan harga terjangkau. Kami sendiri membuka harga penjualan composite panel mulai dari 375.000/m2, ini pun tergantung bahan dan kualitas composite panel itu sendiri. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memperoleh aluminium composite panel dengan kualitas terbaik, desain mewah, dan mudah dibersihkan.

Untuk harga memang juga bisa berpengaruh dari tempat anda mendapatkan ACP tersebut. Dengan memilih penyedia atau penjual ACP yang tepat tentunya akan membuat anda mendapatkan ACP yang paling tepat juga. Dengan memilih ACP yang terbaik pastinya akan membuat anda semakin mendapatkan ACP yang terbaik dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Keunggulan Dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel memang menjadi pilihan lapisan yang sering digunakan saat ini karena memang bahan yang satu ini memiliki keunggulan yang terbaik. Keunggulan pertama dari Aluminium Composite Panel ini adalah bahannya yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan pelapis yang lainnya. Bahan yang ringan tentu akan membuat pemasangan menjadi lebih ringan.

Aluminium Composite Panel memiliki tampilan yang lebih berwarna karena memang bisa diwarnai dengan bermacam-macam warna sesuai dengan pilihan anda. Anda bisa menggunakan warna-warna yang metalik ataupun warna polos yang tentunya akan semakin membuat gedung memiliki tampilan yang lebih cantik dan terbaik. Mempunyai ketahanan yang baik terhadap asam, garam, dan cuaca sinar matahari serta hujan. Selain itu Aluminium composite panel terbuat dari bahan yang mempunyai ketahanan pada api yang baik, dan 2 sisinya yang berbahan aluminim juga sulit terbakar.

Kekurangan dari Aluminium Composite Panel yang menjadikan pelapis ini juga kurang sempurna adalah bentuknya yang kaku. Dengan bentuk yang kaku ini tentunya akan membuat anda harus melakukan cara-cara tertentu dan cara yang tepat untuk menempelkan dan memasangkan Aluminium Composite Panel di gedung anda.

Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, maka lembaran cukup beresiko terhadap sambaran petir. Dari segi biaya, finishing dengan menggunakan Aluminium Composite Panel jauh lebih mahal daripada finishing dengan acian atau cat.


Anda berminat menggunakan jasa kami ?
Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255