Jumat, September 18, 2020

Jasa Pembuatan Carport Dengan Konstruksi Kayu

Pada saat ini bangunan rumah modern dengan berbagai bentuk, tipe, dan desain dirancang dan dibangun dengan menyertakan bagian rumah yang disebut carport. Selain itu penggunaan kanopi pada rumah hunian selain ada pada balkon, teras dan juga void biasanya di gunakan pada carport. Artinya keberadaan carport dinilai sangat penting bagi masyarakat.


Sebagaimana bangunan lainnya, carport juga dibangun dengan berbagai gaya seperti gaya minimalis, gaya vintage, glamour dan sebagainya. Karena itu pada artikel ini, kami akan mengupas mengenai tips membuat carport dengan konstruksi kayu. Dengan pembuatan yang tepat maka carport akan berfungsi sebagaimana mestinya.




Apa Itu Carport ?

Dari namanya saja carport dikenal sebagai area meletakkan mobil. Memang benar bahwa carport merupakan area meletakkan moil yang dibuat khusus pada desain rumah hunian baik yang telah memiliki garasi atau tidak memiliki garasi. Perbedaan garasi dan carport adalah, jika garasi merupakan bangunan permanen dengan tembok maka carport hanyalah bangunan berupa lantai atap dan tiang.

Bagi yang sudah memiliki garasi biasanya membangun carportnya tepat di depan pintu garasi. Carport meskipun fungsi awalnya adalah untuk meletakkan kendaraan mobil tapi kenyataannya digunakan multifungsi. Apalagi carport yang dibangun di halaman depan rumah. Kadang digunakan untuk bermain anak-anak, tempat parkir sepeda motor dan lain-lain.


Tips Membuat Carport

Carport biasanya di bangun bersamaan dengan pembangunan rumah. Tetapi tidak jarang pembangunan carport menyusul setelah rumah berdiri terlebih dahulu. Untuk pembiatan carport sebaiknya memperhatikan hal berikut ini agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan.


1. Rancang Konsep

Perencanaan awal bisa dimulai dengan melakukan perancangan struktur bangunan carport dan juga pemilihan bahan. Pada tahap ini perlu di pikirkan gaya yang akan diadopsi. Bisa gaya vintage dengan bahan utama kayu atau model minimalis dengan menggunakan rangka baja ringan dan atap galvalum. Mengingat keunggulan atap galvalum sangat banyak maka atap galvalum sangat direkomendasikan untuk kanopi gaya minimalis.


Selain itu dimensi banguan harus menyesuaikan dengan type mobil yang digunakan. Ukuran mobil bermacam-macam. Jangan sampai ukuran carport yang cocok untuk mobil citycar tetapi digunakan untuk memarkir minibus. Ada baiknya membuat carport dengan dimensi ukuran lebih longgar agar memungkinkan digunakan oleh berbagai type kendaraan.


2. Lantai Harus Kuat

Karena bobot mobil cukup berat maka disarankan saat pembuatan carport pada bagian lantai dibuat dengan kualitas sebaik mungkin. Penggunaan conblok berongga bisa direkomendasikan mengingat kendaraan terkadang membawa zat cair yang suatu saat bisa menetes saat kendaraan di parkir di carport seperti tetesan oli mesin atau air hujan.


Bisa juga dengan tatanan batu alam yang memiliki tipikal keras sehingga akan terlihat lebih natural. Terkadang sebagian orang membangun lantai carportnya hanya dengan memberikan plester semen keras atau cor semen pada sisi kiri dan kanannya. Dan pada bagian tengah bisa di letakkan bebatuan alam atau bahkan rumput hias.


3. Berikan Hiasan

berikan hiasan yang bagus pada carport. Apabila salah satu sisi dari carport adalah tembok, anda bisa menempeli tembok tersebut dengan bebatuan alam atau batuan ukir seperti relief. Sedangkan pada pinggir carport bisa diletakkan pot-pot tanaman hias yang berjajar sehigga terkesan membatasi antara area carport dengan bagian halaman rumah lainnya.


4. Atap Yang Melindungi

Poin ini juga tidak kalah penting. Terutama bagi anda yang belum memiliki garasi maka pastikan carport anda memiliki atap perlidungan yang bagus sehingga mampu melindungi kendaraan anda dari paparan sinar matahari langsung. Berbagai bahan atap kanopi dan struktur kanopi bisa dijadikan pilihan untuk membuat atap carport anda.


Penggunaan bahan polycarbonate untuk atap kanopi bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang menginginkan area carport yang benderang. Atau bisa juga menggunakan atap fiber untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Semua akan kembali kepada selera masing masing dan ketersediaan dana yang dimiliki.


5. Struktur Rangka

Dengan menggunakan struktur sesuai dengan keinginan anda, mungkin carport akan kuat jika berukuran kecil. Namun apabila carport memiliki ujuran besar seperti carpoert penyimpann mobil pada usaha rental mobil, maka penggunaan rangka baja yang kokoh menjadi keharusan. Sebagian pengusaha rental mobil Jogja membangun carport dengan rangka baja agar mampu memberi keamanan pada kendaraannya. Karena itulah struktur rangka pada carport ukuran besar hanya bisa dengan baja dan logam sejenisnya.


Itulah ulasan mengenai tips membuat carport bagi anda yang ingin mendapatkan perlindungan atas aset kendaraan anda dari cuaca. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang tips memasang Carport yang benar. Terima kasih.


Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255




Tag Pencarian :
Carport, Carport Konstruksi Kayu

Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255