Jumat, November 04, 2016

Desain Taman untuk Halaman Samping yang Sempit

Umumnya jika halaman rumah yang sempit kadang menimbulkan ‘masalah’, bagaimana caranya agar ruang mungil ini tampak cantik. Sejauh ini, biasanya halaman samping rumah malah jadi tempat menaruh barang-barang tak terpakai. Kalaupun tidak, hanya akan dihijaukan dengan rerumputan.
Sekarang saatnya membuat halaman samping yang sempit jadi taman mungil nan cantik. Beberapa tip berikut ini bisa jadi inspirasi sebelum Anda mulai merenovasi halaman samping.

1. Pijakan kaki

Tetap harus ada area jalan setapak di halaman samping yang sempit, sehingga memudahkan Anda untuk merawat tanaman dan memperbaiki bagian rumah sewaktu-waktu.

2. Variasi tanaman

Perbanyaklah variasi tanaman, meski halaman tersebut hanya selebar 1,5 meter atau kurang. Jenisnya adalah tanaman semak atau perdu. Jangan menanam pohon yang bisa tumbuh besar, kecuali Anda hendak membuat bonsai. Untuk membuat kesan lebih hijau, tanam dolar atau anggrek di dinding.

3. Pilih rumput atau batu taman

Karena sudah ada aneka tanaman dan pijakan kaki, kemungkinan besar akan sulit untuk menempatkan batu hias dan rumput sekaligus. Pilih salah satu, toh keduanya sama-sama bisa menyerap air hujan.

4. Tambahan karya seni

Jika Anda suka, letakkan patung atau karya estetis lain untuk menambah keindahan halaman.

5. Penataan tanaman

Di halaman yang luas, Anda bisa menyusun tanaman sesuai level ketinggiannya. Di halaman sempit,  tanaman hanya bisa disusun sejajar di tepi-tepi halaman, dengan tidak banyak level.

6. Lampu

Untuk memperindah sekaligus menerangi, pasang lampu di halaman. Bisa lampu spot atau lampu hias yang dipasang di dinding.



 



Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255