Jumat, Oktober 07, 2016

Cara Praktis Membuat RAB Gedung Bertingkat

Cara Praktis Membuat RAB Gedung Bertingkat, Rencana anggaran biaya bangunan atau sering disingkat RAB adalah perhitungan biaya bangunan berdasarkan gambar bangunan dan spesifikasi pekerjaan konstruksi yang akan di bangun, sehingga dengan adanya RAB dapat dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan nantinya.
 

Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat

Untuk menghitung RAB diperlukan data – data antara lain:
  • Gambar denah gedung yang ingin dibangun, secara detail dan lengkap.
  • Rencana kerja dan persyaratan spesifikasi teknis pekerjaan.
  • Nilai volume pekerjaan setiap item pekerjaa yang akan dibangun.
  • Daftar analisa satuan upah dan material bahan bangunan, yang akan dipakai untuk membangun gedung bertingkat. (untuk hal ini anda harus memyesuaikan nilai upah dan harga material disekitar lokasi pekerjaan gedung bertingkat tersebut dibangun).
Jika semuanya telah siap maka disini saya akan memberikan sebuah contoh Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat, sebelum mengikuti langkah langkahnya, kamu download terlebih dahulu filenya disini Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat, setelah itu kamu buka hasil downloadnya maka akan tampil lembar kerja microsoft excel RAB.

Sebelum masuk tahapan pertama membuat RAB Gedung bertingkat buatlah Analisa satuan harga Bahan dan upah terlebih dahulu,

dalam pembuatan Analisa Harga Satuan Upah dan Bahan, kamu harus mengisi harga satuan yang berlaku dilokasi proyek anda, harganya harus sesuai.
Perlu diketahui untuk membuat RAB gedung bertingkat harus berurutan tahapannya jika kamu belum mengetahuinya maka baca artikel Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung, terlebih dahulu, oke untuk tahapan pertama yaitu:
 
1. Membuat RAB Pekerjaan persiapan


Pada contoh RAB gedung bertingkat yang sudah saya berikan kamu pilih sheet yang berjudul Pekerjaan persiapan lahan dan arsitektur, setelah itu isi deskripsi pekerjaan sesuai proyek gedung yang akan anda bangun anda hanya mengganti kata -katanya saja, langkah berikutnya isi kolom volume pekerjaan dan harga satuan (harga satuan ambil dari dari analisa harga upah dan bahan yang sebelumnya sudah dibuat)  jika kamu sudah mengisi semuanya dengan benar maka akan secara otomatis terjumlah hasil perhitungan nilai total untuk pekerjaan persiapan tersebut.
 
2. Membuat RAB Pekerjaan Struktur


Kemudian untuk mengisi RAB pekerjaan struktur caranya sama dengan tahapan diatas.
1. isi uraian pekerjaan sesuai proyek gedung yang akan anda bangun anda hanya mengganti kata -katanya saja,
2. langkah berikutnya isi kolom spesifikasi dan volume pekerjaan
3. dan harga satuan (harga satuan ambil dari dari analisa harga upah dan bahan yang sebelumnya sudah dibuat).  jika kamu sudah mengisi semuanya dengan benar maka akan secara otomatis terjumlah hasil perhitungan nilai total untuk pekerjaan struktur tersebut. 


3. Membuat RAB Pekerjaan Arsitektur


Setelah itu untuk mengisi RAB pekerjaan arsitektur caranya tidak jauh berbeda dengan tahapan diatas.
  1. isi uraian pekerjaan sesuai proyek gedung yang akan anda bangun anda hanya mengganti kata -katanya saja,
  2. langkah berikutnya isi kolom keterangan bahan yang akan digunakan dan volume pekerjaan tersebut.
  3. isilah kolom harga satuan (harga satuan ambil dari dari analisa harga upah dan bahan yang sebelumnya sudah dibuat). 
kemudian semua total harga untuk RAB pekerjaan arsitektur akan terjumlah secara otomatis.

4. Membuat RAB Pekerjaan Mekanikal dan Plumbing


Untuk mengisi RAB pekerjaan Mekanikal dan Plumbing cara dan langkah tahapannya masih sama dengan langkah diatas, dan total harga juga akan juga terhitung secara otomatis. 
 

5. Membuat RAB Pekerjaan Area Parkir


Untuk RAB pekerjaan area parkir kamu bisa mengikuti langkah yang sebelumya juga yaitu isi deskripsi pekerjaan, volume pekerjaan dan harga satuan, dengan mengambil data dari analisa harga bahan material dan upah.
 

Jika kamu sudah mengikuti tahapan dari awal hingga akhir maka kamu bisa melihat total REKAPITULASI dan hasil akhirnya pada bagian sheet RAB KONTAKTOR, dari situ akan ditampilkan jumlah dari seluruh RAB dan NILAI KONTRAK yang telah dibuat sebelumya. lihat gambar dibawah ini:
Demikianlah postingan Cara Praktis Membuat RAB Gedung Bertingkat.



Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255