Kamis, Oktober 06, 2016

Perpaduan Desain Rumah Tropis dan Konsep Rumah Modern

Desain rumah tropis termasuk satu desain rumah terstruktur untuk menanggapi iklim di Indonesia yang mana adalah iklim tropis. Seperti kita ketahui iklim di Indonesia cenderung ekstrim dengan intensitas curah hujan yang tinggi dan matahari yang begitu menyengat di musim kemarau. Berikut prinsip rumah tropis adalah untuk mengantisipasi kelembaban di rumah sebagai akibat curah hujan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, serta panas matahari yang membuat rumah menjadi kurang nyaman. Jadi bisa dibilang bentuk rumah tropis penyesuaian desain rumah terhadap efek dari iklim tropis yang terjadi sepanjang tahun.

Struktur Rumah Tropis
Bicara tentang struktur rumah tropis, desain yang sebenarnya dari rumah sedikit lebih terinspirasi dari desain rumah tradisional yang telah melalui beberapa penyesuaian desain, termasuk penyesuaian dengan iklim tropis di Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada bangunan tradisional yang dirancang tanpa banyak isolasi serta memiliki banyak bukaan. Desain ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang cukup untuk aliran udara sehingga kelembaban yang dapat dikurangi.


Sirkulasi Cahaya Pada Rumah Tropis
Jumlah bukaan dalam sistem rumah tropis tradisional berfungsi untuk mengatur sirkulasi cahaya yang masuk kedalam ruangan. Intensitas sinar matahari yang masuk memberikan efek positif dan negatif di rumah. Efek buruk sinar matahari yang berlebihan adalah perasaan tidak nyaman di sekitar ruangan. Sementara kita dapat mengeksplorasi efek positif dari sinar matahari yaitu dengan memanfaatkan cerlangnya. Cerlang ini menjadi sebuah tanda khas yang membedakan jenis desain rumah tropis dan subtropis. Dalam hal ini berfungsi sebagai perantara untuk masuknya cahaya sinar matahari dengan cara mengurangi panas agar tidak menimbulkan silau. Dari sini kita bisa menyimpulkan, tanpa maksud untuk ‘mengidolakan’ desain rumah tradisional, tetapi nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang dianut desain rumah tradisional memiliki pengaruh besar pada desain rumah modern, termasuk desain rumah tropis ini.

Konsep Rumah  Tropis  Bergaya Modern
Memang rumah modern adalah tampilan rumah biasa yang dimodifikasi sehingga menghasilkan bentuk baru dari desain termasuk desain rumah tropis. Hal ini dapat dilihat dari beton yang banyak digunakan untuk atap dan permainan kaca yang memiliki diameter panjang yang mempengaruhi desain, konstruksi dan struktur rumah. Rumah modern umumnya menggunakan konsep yang tidak biasa, misalnya desain dalam ruangan menggunakan konsep struktur mengekspos struktur itu sendiri adalah titik utama di dalam ruangan. Sebagai contoh, jika struktur terbuat dari baja, baja yang secara otomatis akan menemukan zoom sehingga memiliki daya tarik tersendiri.









Untuk informasi hubungi kami :
 
Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255