Kamis, November 24, 2016

Desain Jendela Rumah Minimalis Yang Unik dan Cantik

Mengenai Jendela adalah salah satu hal paling wajib yang harus dimiliki setiap rumah.Tidak perduli rumah itu berukuran besar, kecil, atau sedang. Dari model rumah klasik, modern, mewah, atau model rumah yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh banyak orang yaitu, model rumah minimalis. Saat membangun sebuah rumah, biasanya orang tidak memperhatikan jendela. Tidak, biasanya mereka akan lebih fokus pada desain interior rumah seperti furniture yang akan digunakan atau desain dinding rumah mereka. Padahal, memilih jendela adalah hal yang sangat penting. Selain karena jendela memiliki fungsi sebagai ventilasi udara yang masuk, memilih jendela dengan desain yang tepat akan membuat desain rumah anda terlihat lebih bagus dan cocok dengan furniture yang ada didalam rumah. Bayangkan saja, jika anda sudah mendesain rumah anda dengan gaya minimalis tapi anda memasang desain jendela yang bergaya klasik, pasti hasil akhir pada desain rumah akan terlihat aneh dan tidak pas.

11 Kiat Dalam Memilih Desain Jendela Rumah

1. Pilih jendela yang merefleksikan gaya arsitektur rumah
Semua rumah memiliki gaya desain arsitektural yang membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Untuk mendapatkan jendela yang tepat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih jendela yang sesuai dengan estetika desain rumah anda. Jika rumah anda bergaya modern dan kontemporer mungkin anda bisa memilih jendela kaca yang lebih tinggi. Namun jika rumah anda bergaya bergaya tradisional, anda bisa memilih jendela dengan tiang jendela berbentuk berlian nan klasik. Intinya adalah, jadikan gaya arsitektur rumah anda menjadi acuannya.

2. Tentukan fungsi jendela anda
Pada dasarnya, jendela berfungsi sebagai 'jalan' agar cahaya bisa masuk ke rumah anda. Tapi, jendela pun bisa digunakan sebagai pintu jika jenis jendela yang anda gunakan adalah jendela geser. Meski pun berfungsi sebagai jalannya cahaya masuk, anda bisa menghias jendela anda. Pertimbangkan jendela apa yang kira-kira cocok dengan rumah anda sebelum anda memasangnya.

3. Bingkai dan tiang jendela warna-warni
Selain warna dan gaya arsitektur rumah, anda juga bisa memilih jendela tepat dengan memilih tiang dan bingkai jendela warna-warni. Untuk bahannya, bingkai dan tiang jendela bisa berbahan besi atau kayu. Jika anda bingung menentukan warna jendela eksterior apa yang tepat untuk rumah anda, anda bisa bertanya pada tukang cat profesioanl.

4. Pilih warna aksen yang paling bagus untuk bingkai jendela
Memilih palet warna cat eksterior seringkali membingungkan. Untuk mendapatkan warna yang tepat, anda juga bisa memperhatikan lingkungan sekitar rumah anda atau rumah-rumah tetangga anda sebagai bahan refrensi.

5. Pilih jendela yang sesuai dengan jumlah ventilasi yang dibutuhkan
Salah satu manfaat penting jendela adalah sebagai ventilasi untuk pertukaran udara segar dalam ruangan. Memastikan kebutuhan anda akan membantu anda menentukan jendela seperti apa yang akan anda pasang.

6. Pilih jendela yang memikat untuk interior rumah anda
Estetika rumah memang merupakan hal yang penting. Tapi jangan lupa bahwa jendela pun punya fungsi estetis untuk bagian dalam rumah anda. Kamar mandi misalnya. Pilih jendela yang membuat cahaya dari luar bisa masuk namun tidak transparan sehingga, tidak terlihat orang dari luar. Untuk ruang publik dirumah, anda bisa mempertimbangkan jendela yang tinggi dan lebar sehingga cahaya bisa masuk dengan maksimal.

7. Pilih jendela yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda
Saat ini terdapat banyak sekali jenis jendela yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih jendela sash klasik. Jendela jenis ini adalah jendela yang bisa digerakkan ke atas atau ke bawah atau dari kiri ke kanan. Jendela jenis ini juga bisa digerakkan naik turun atau digeser secara horizontal. Ada jendela awning yang cukup populer dan biasanya dipasang di apartemen. Dengan engsel yang terdapat di atas atau bawah, jendela ini bisa dipasang dimana saja , bahkan disudut sekalipun. Atau anda bisa memilih jendela jenis hopper yang bisa anda pasang di atas pintu.

8. Jadikan jendela rumah sebagai titik fokus interior anda
Jika sekitar rumah anda memiliki pemandangan yang bagus, atau arsitektur rumah anda yang unik, coba gunakan jendela dengan gaya, bentuk, dan warna, juga detail yang bisa memeriahkan interior rumah anda. Dalam hal ini, jenis jendela bay yang terdiri dari beberapa lembar kaca bisa membuat tampilan rumah anda terlihat lebih luas. Jenis jendela ini juga cocok dipasang di kamar mandi, dapur, atau ceruk untuk tempat duduk santai. Oh ya, jika anda mencari desain jendela rumah minimalis, jendela jenis ini juga akan cocok sekali untuk rumah anda.

9. Pastikan arah matahari sebelum memilih jendela
Jika anda sedang mendesain rumah dengan bantuan arsitek atau kontraktor, pertimbangkanlah arah terbit dan tenggelamnya matahari. Ini bertujuan agar sinar matahari tidak terlalu masuk ke dalam rumah anda. Ini juga agar suhu didalam rumah anda terjaga, tidak terlalu dingin, tapi juga tidak terlalu panas.

10. Memasang jendela adalah proyek renovasi yang besar
Mungkin anda sedang berniat untuk mengganti model dapur, atau kamar mandi. Silahkan saja, tapi jangan lupa juga untuk mengganti jendela anda yang sudah tua. Belakangan ini, banyak produk jendela yang bisa mengefisienkan energi, anda bisa mencoba jendela jenis tersebut.

11. Pilih jendela, fikirkan juga tirainya
Saat sedang memilih model jendela yang cocok untuk rumah anda, pikirkan pula tirainya. Selain sebagai penghalang panas yang terlalu menyengat atau percikan air hujan, tirai juga membantu ruangan agar tetap terliihat indah dan serasi. Misalnya anda mempunyai tirai berbahan dakron atau sejenisnya, tirai ini cocok dipakai untuk jendela yang memiliki ukuran besar dan tinggi. Jika tirai yang anda miliki berbahan roman shade atau pono, jendela jenis ini sangat cocok untuk jendela yang lebar. Sementara tirai yang beroda, lebih pantas untuk tirai yang bersudut.


 






Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255


Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255