Rabu, Januari 20, 2021

Desain Model Rumah Urban Untuk Daerah Perkotaan

 Apa Itu Desain Urban Modern?

Sebelum kita membahas ciri khas desain rumah minimalis ala urban modern, ada baiknya kita kenali dulu konsepnya secara lebih jauh.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, urban modern adalah anak dari desain minimalis yang memberikan rumah kita kepribadian serta ciri khas tersendiri.

Desain ini acap digunakan sebagai konsep utama pembangunan rumah-rumah atau apartemen di perkotaan metropolitan seperti Jakarta.

Mengangkat tema kontemporer, hunian yang dibangun dengan konsep urban modern dipengaruhi nuansa kosmopolitan kental dengan percikan elemen trendi, cool, dan stylish.


Bagi orang-orang yang memiliki sense serta kepekaan arsitektural, keterbatasan lahan tidak menjadi halangan untuk menciptakan hunian yang aman, nyaman plus menarik. Salah satunya dengan mengusung konsep alternatif.

Di banyak negara, konsep rumah yang disebut bergaya urban ini, justru menjadi trend. Seperti di Jepang. Keterbatasan lahan dan melambungnya harga tanah adalah masalah besar yang terjadi di negara Sakura itu.

Dengan biaya hidup yang mahal, kehidupan masyarakat urban Jepang menuntut untuk menjadi compact, mikro, dan sangat cepat. Maka tak jarang kita melihat rumah-rumah dengan penyelesaian desain yang unik dan kreatif; tangga tanpa pegangan, rumah dengan bukaan kaca yang begitu besar, hingga balkon tanpa pengaman.

Rumah-rumah dibangun dengan bentuk yang tak biasa. Meski berukuran kecil, namun fungsinya tetap maksimal. Kontruksinya pun dipertimbangkan sedemikian rupa, menyesuaikan luas dan bentuk lahan yang ada. Berikut beberapa pertimbangan jika Anda ingin mendirikan rumah urban, seperti yang disarikan penulis dari berbagai sumber.

Salah satu ciri dari rumah ini adalah pola vertical development. Yakni pengembangan dilakukan secara vertikal. Yaitu dengan menambah jumlah lantai bangunan. Ciri lain beberapa ruangan biasanya bersifat multifungsi. Karena itu ruang-ruang yang akan dibuat harus mempertimbangkan kebutuhan di masa yang akan mendatang. Pembagian ruang-ruang itu secara umum mengikuti pola konvensional. 

Misalnya lantai dasar difungsikan sebagai area publik. Untuk mengurangi kesan sempit, lantai dasar dibiarkan terbuka atau tanpa partisi. Ruang-ruang yang ada di lantai ini dibiarkan saling menyatu.

Lantai atas difungsikan sebagai area private dan service. Area private terdiri dari ruang tidur dan ruang kerja. Area ruang kerja bersifat multifungsi, di mana pada saat pemilik rumah memiliki keluarga maka ruang ini akan berfungsi sebagai kamar anak. Pada saat ruang kerja berubah fungsi menjadi ruang tidur, ruang kerja dapat pindah ke area koridor. Area service terdiri dari area jemur dan gudang. Ruang gudang ke depannya dapat difungsikan sebagai ruang tidur pembantu.

Tampilan luar bangunan di desain sesederhana mungkin dengan finishing material ekspos untuk meminimalkan dana pembangunan dengan perawatan yang minimal. Interior bangunan juga didesain dengan memanfaatkan sisa material pembangunan seperti bambu untuk penyangga (steger) dimanfaatkan untuk finishing dinding dan juga sebagai aksen ruangan.

Langit-langit ruangan pada lantai dasar didesain tanpa plafond, dengan mengekpos dak beton pada lantai atas. Finishing dinding dan lantai beberapa ruangan juga dibiarkan alami dengan menjadikan warna sebagai media untuk memberikan harmonisasi pada ruang.

Kamar Urban

Desian urban juga dapat diterapkan pada kamar tidur. Meski ruangan kamar tidur tidak terlalu luas, namun dengan pilihan warna serta furnitur yang tepat, kamar tidur Anda akan terasa nyaman. Usahakan menaruh barang penting saja. Untuk memunculkan sisi elegan, fitur-fitur kayu dengan desain tegas penting jadi pertimbangan. Kemudian, bingkai kamar tidur menggunakan paduan putih pada seluruh sisi dinding dan lantai.

Tambahkan beberapa ornamen seperti standing lamp, vas, dan karpet. Untuk beddings bisa Anda terapkan warna krem, misalnya bantal-bantal dan sprei. Pada interior berkonsep urban , furnitur cenderung ke arah rendah dan modular, dengan sedikit ornamentasi. Aksesoris lebih bermanfaat, termasuk cermin, fitur pencahayaan, jendela, dan bahan furnitur sebagai titik fokus.


Anda berminat menggunakan jasa kami ?
Untuk informasi hubungi kami :
Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255



Tag Pencarian :

Jasa Desain gedung, Desain gedung, Jasa Desain Kantor , Desain Kantor , Jasa Desain, Jasa Desain Rumah, Desain rumah, Jasa Desain Bangunan, Desain Bangunan,Jasa Design gedung, Design gedung, Jasa Design Kantor , Design Kantor , Jasa Design, Jasa Design Rumah,Design rumah, Jasa Design Bangunan, Design Bangunan,Jasa Desain gedung Bontang, Desain gedung Bontang, Jasa Desain Kantor Bontang, Desain Kantor Bontang, Jasa Desain Bontang, Jasa Desain Rumah Bontang, Desain rumah Bontang, Jasa Desain Bangunan Bontang, Desain Bangunan Bontang, Jasa Design gedung Bontang, Design gedung Bontang, Jasa Design Kantor Bontang, Design Kantor Bontang, Jasa Design Bontang, Jasa Design Rumah Bontang, Jasa Design Bangunan Bontang, Design Bangunan Bontang

Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255