Senin, Mei 03, 2021

Elemen Rumah Desain Model Industrial

Saat ini, sudah banyak interior design hunian yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah model rumah industrial. model ini identik dengan model interior pabrik industri pada abad ke-19. Seiring berjalannya waktu, model interior ini mulai tidak dipakai di pabrik zaman sekarang. Akan tetapi, desain interior industrial menarik perhatian para penyuka seni interior hingga penikmatnya untuk diterapkan dalam hunian.




Rumah industrial memiliki kepribadian yang unik. Meskipun terkesan tua, rumah industrial mampu membawa kehangatan bagi penghuninya. Untuk menerapkan gaya ini, kamu perlu memahami lebih dalam apa yang membuat rumah industrial berbeda dengan rumah bergaya lainnya. Berikut adalah elemen-elemen penting yang wajib ada dalam sebuah rumah industrial. 

Besi pada furnitur hingga dekorasi rumah

Gaya interior khas pabrik zaman lama ini identik dengan penggunaan besi sebagai unsur furnitur mereka. Keberadaannya memberikan sentuhan yang tepat tanpa merasa terlalu mewah. Tidak harus besi, kamu bisa menggunakan furnitur berbahan baja, timah, dan lainnya. Pilih warna yang bernada dingin, seperti abu-abu, hitam, dan warna netral tegas lainnya.

Furnitur besi pada rumah industrial tidak melulu soal hasil akhir besi yang bersinar. Justru, hasil akhir yang matte akan membawa suasana lebih rileks, contohnya adalah bunk bed pada kamar tidur ini. Besi yang digunakan berwarna hitam dan memberikan hasil akhir matte. Sama halnya dengan lampu lantai dan kaki-kaki sofa satu dudukan di sebelah kanannya.


Kayu yang sangat esensial



Elemen ini merupakan elemen wajib yang harus ada dalam sebuah rumah industrial. Kamu tidak harus pakai kayu yang baru. Justru, kayu berusia lama atau unfinished akan memberikan nilai tambah bagi rumah industrial. Nilai tambah tersebut berupa aksen yang pastinya tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Ada banyak furnitur hingga material yang bisa kamu pilih menggunakan kayu. Salah satunya adalah lantai. Khusus untuk lantai, gunakan kayu yang baru dan sudah dipoles sedemikian rupa agar tidak melukai kaki saat kamu sedang berjalan. Kayu bekas bisa kamu gunakan sebagai meja, kursi, rak hingga dekorasi rumah. Dengan begitu, rumahmu akan sangat terasa gaya industrialnya.

Tidak melulu soal lantai, kamu bisa menggunakan kayu sebagai penghias langit-langit rumah. Pilih jenis kayu yang kuat agar bisa menopang atap dengan maksimal. Pasang papan kayu secara memanjang dan tambahkan gantungan besi atau lampu gantung di bawahnya agar langit-langit tidak terasa membosankan.


Bata ekspos yang khas



Utamanya, batu bata merupakan material yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar membuat dinding rumah. Kemudian, seusai ditata biasanya dinding dilapisi semen dan cat tembok. Namun, batu bata yang dibiarkan begitu saja tanpa semen dan cat dalam rumah justru dipakai untuk gaya rumah industrial. Bata ekspos ini memberi warna baru pada dindingmu.

Dinding bata ekspos bisa dibiarkan dengan warna bata asli, yaitu oranye, atau diberi cat tambahan. Pada ruang tidur ini, batu bata tetap dibiarkan terbuka tetapi diberikan lapisan warna cat tembok putih agar ruangan terkesan lebih bersih. Pemilik ruangan tidak mengecat semua dinding dengan warna putih. Ia membiarkan adanya kerak untuk memberikan kesan unfinished sehingga kesan rumah industrial makin kuat.

Naik daunnya fenomena rumah industrial ini mungkin menjadi alasan utama semen ekspos kembali hadir. Mau diberi lapisan finishing mau pun tidak, semen ekspos akan tetap terlihat apik. Karena kuat, awet, dan murah, semen ekspos menjadi pilihan utama pada pabrik abad ke-19. Semen ekspos bisa diaplikasikan di dua bidang, yaitu lantai dan dinding.

Karena motif semen ekspos yang polos, kehadiran karpet sangat dibutuhkan. Pilih karpet sesuai keinginanmu, baik besar maupun kecil. Sama halnya dengan dinding. Pasang dekorasi atau rak agar dinding abu-abu khas semen ekspos lebih ceria.

Banyak ruang terbuka tanpa batasan



Ciri khas rumah industrial lainnya adalah adanya ruang terbuka. Ruang terbuka tanpa sekat ini ada untuk memberikan kesan luas yang tak terbatas. Jika biasanya langit-langit rumah diberikan lapisan tambahan seperti plafon, maka pada rumah industrial biasanya langit-langit tidak diberi lapisan tambahan. Trik ini justru menunjukkan aksen rumah industrial yang khas dan memperlihatkan pipa udara maupun air terlihat jelas.

Penyangga atap rumah industrial bisa menjadi dekorasi tambahan. Tak hanya itu, rumah industrial memperbolehkan kamu untuk membiarkan lampu gantung terlihat panjang juntaian kabelnya. Kamu bisa memandang jauh ke atas langit-langit sambil bersantai di kursi malas.

Apabila kamu kurang suka dengan langit-langit terbuka, kamu bisa menggunakan jendela yang berukuran sangat besar. Jendela ini membawa suasana luas pada ruangan. Gunakan frame jendela dari besi atau kayu yang sudah tua atau yang pernah dipakai. Sesekali pasang sekat yang terbuka untuk memisahkan ruangan tanpa membuatnya sesak.

Itulah kelima elemen yang menjadi ciri-ciri utama sebuah rumah industrial. Jika kamu tidak mau seluruh rumahmu bergaya industrial, kamu bisa mengombinasikannya dengan gaya interior lain, seperti minimalis, kontemporer, modern, hingga vintage. Selamat mencoba!  


Anda berminat menggunakan jasa kami ?
Untuk informasi hubungi kami :
Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255



Tag Pencarian :
Ruangan, Partisi, Dinding, Model Ruangan,Desain Rumah, Desain Rumah Industrial



Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255