Minggu, Januari 29, 2023

Tips Berguna Sebelum Anda Renovasi Rumah

 Anda ingin rencana merenovasi rumah tinggal

Merenovasi rumah merupakan kegiatan yang menguras waktu, pikiran, tenaga, dan tentunya finansial. Karena itu, sebelum merenovasi rumah diperlukan perencanaan yang baik agar tidak terjadi over budget dan kesalahan dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan.

Apalagi, biasanya biaya untuk merenovasi rumah lebih mahal dibandingkan ketika membangun rumah dari awal. Hal ini makin memburuk ketika kita tidak mengetahui mengenai dunia konstruksi bangunan atau pertukangan. Karena itu, perencanaan biaya dengan matang perlu dilakukan.

Merenovasi rumah diperlukan perhitungan dan perencanaan yang tepat. Jika kamu ingin merenovasi rumah, berikut berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menekan biaya renovasi rumah




1. Lakukan Survey 

Disarankan sebelum Anda merenovasi rumah, penting untuk melakukan survey atau riset. Renovasi tidak boleh terburu-buru. Anda harus luangkan waktu untuk merencanakannya secara matang tentang perubahan apa yang ingin dilakukan.

Tanyakan kepada rekanan atau kerabat yang sudah pernah rumahnya renovasi. Atau lihatlah proyek serupa untuk mendapatkan apa saja yang dibutuhkan, berapa lama waktunya dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan. 


2. Buat Rencanakan anggaran 

Setelah Anda melakukan survey secara matang dan mendalam, tugas selanjutnya adalah merencanakan anggaran untuk merenovasi rumah. Perencanaan anggaran ini sangat penting untuk menghindari pemborosan dan memaksimalkan uang Anda dengan sebaik-baiknya. Anda juga harus memperhitungkan jika anggarannya besar, apakah akan tetap merenovasinya secara bertahap ataukan akan menabung hingga anggarannya terkumpul keseluruhan baru melakukan renovasi. Jika anggaran terbatas, Anda dapat membagi renovasi menjadi beberapa tahap berdasarkan ruang, seperti tahap pertama merenovasi bagian kamar mandi, kedua dapur, ketiga kamar dan seterusnya. Selain itu penting juga untuk mempertimbangkan bahan atau alat konstruksi yang dibutuhkan. Pasalnya bahan bangunan memiliki harga yang variatif di setiap daerah. Terakhir, perlu juga dipikirkan apakah Anda akan pindah selama renovasi karena biaya akomodasi sementara dapat segera meningkat. 


3. Buat konsep desain 

Selanjutnya buatlah konsep desain renovasi yang ingin Anda lakukan. Misalnya konsep dapur dan kamar mandi. Anda juga dapat menggambar konsepnya melalui sketsa sederhana untuk memberikan ilustrasi desain yang diinginkan kepada pekerja konstruksi. Untuk melakukannya, Anda juga harus dapat memperhitungkan berapa pekerja konstruksi yang dibutuhkan untuk melakukannya. Terlalu sedikit tenaga kerja yang digunakan akan memakan waktu lama dalam renovasi, sebaliknyta jika terlalu boros justru malah membuat anggaran Anda tidak efisien. 


Untuk konsep desain sebaiknya,gandeng jasa penyedia desain gambar rumah, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaan.


4. Cari pekerja kontraktor yang tepat 

Mulailah cari informasi tentang kontraktor yang tepat dan dapat mengerjakan renovasi sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat bertemu dengan mereka dan mengetahui sejauh mana bisa melakukannya. Tentu tujuannya adalah menemukan profesional yang membuat Anda nyaman bekerja dan yakin dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Mintalah referensi dan apakah mereka pernah mengerjakan proyek serupa dan pastikan untuk mendiskusikan rencana renovasi Anda secara detail. Idealnya, mereka akan memberi tahu apakah anggaran Anda memadai, berapa lama proyek akan berlangsung, dan apakah rencana Anda memerlukan perubahan. 


5. Buat kontrak tertulis 

Saat Anda menemukan kontraktor atau arsitek, sebaiknya buat kontrak dan buat semuanya secara tertulis. Detailkan proses yang akan Anda ambil jika terjadi penundaan atau perselisihan. Ini akan mencegah hal-hal keluar dari kendali lebih jauh. Juga, diskusikan jadwal pembayaran terlebih dahulu

 

6. Konsultasikan perubahan desain renovasi 

Jangan takut untuk mengubah desain Anda sebelum memulai. Setelah berdiskusi dengan para profesional, Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan pada rencana awal. Tidak apa-apa, tetapi pastikan untuk memberi tahu kontraktor tentang setiap perubahan yang Anda buat sesegera mungkin. Jauh lebih baik untuk membuat perubahan sebelum pekerjaan dimulai.

 

7. Pilih dan pesan bahan tepat waktu 

Banyak renovasi yang tertunda karena masalah mendapatkan bahan dan produk yang diinginkan pemilik rumah. Hal ini sering disebabkan oleh pemesanan bahan yang terlambat atau tidak membuat keputusan yang tepat waktu. Untuk mencegah masalah ini, cobalah memutuskan bahan, perlengkapan, fitur, furnitur, dan peralatan yang Anda inginkan sebelum pekerjaan dimulai. 


8. Berkomunikasi intens dengan kontraktor 

Buatlah Group untuk tetap berhubungan dengan kontraktor dan beri tahu mereka tentang perubahan apa pun yang Anda inginkan. Untuk renovasi skala besar, tetapkan rencana komunikasi yang menjelaskan peran semua orang yang terlibat dalam proyek. Selanjutnya, untuk memastikan setiap orang dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa menahan pekerja lain atau menghalangi satu sama lain, perinci kerangka waktu dan jadwal kerja.


Anda berminat menggunakan jasa kami ?


Untuk informasi hubungi kami :

Icon Email metroproperti74@gmail.com
 Telepon Call 62 821 5022 3255
Telepon Call +62 821 5022 3255
 Whatsapp : 0821 5022 3255
 


Tag Pencarian :
Renovasi, Jasa renovasi, Jasa renovasi rumah, Renovasi rumah, Jasa renovasi rumah Balikpapan, Tukang renovasi rumah,Jasa renovasi bangunan, Renovasi bangunan, Jasa renovasi bangunan Balikpapan, Tukang renovasi bangunan,



Tags :

Metro Properti

Jasa Desain, Interior, Bangun dan Renovasi

Anda butuh jasa kami, silahkan hubungi kami via WA atau email

  • Metro Properti
  • Balikpapan 76114
  • metroproperti74@gmail.com
  • +0821 5022 3255